RSS

Rekam Jejak Kuliner Eksperimen Ummidun


Duluuuu...
Saya beranggapan kao masak itu wajib lah pake yang namanya masako2an.
"Kalo ga pake masako mah ga bisa gurih."
Begitu kira-kira anggapan saya.
Apalagi waktu kuliah, setiap masak rasanya kok hambaaar aja. Pasti masako yang jadi kambing hitam. "Gara-gara ga pake masako ni, jadi ga ada rasanya"
Sampe akhirnya dunia per-pesbuk-an mengantarkan saya pada sebuah grup, HHBF namanya. Health Homemade Baby Food. Masakan sehat untuk bayi. Prinsipnya no makanan instan, no MSG. Hal ini saya terapkan pada makanan Azkadun, sampe akhirnya saya terapkan pula pada semua masakan. Glutamat alami (tomat, bawang-bawangan, daun bawang, jamur, kaldu daging/ikan/belut, wortel, jahe dll) jadi senjata.
Dan taadaaaa.....
Umami umami tanpa masako
*senyumlebar
Indikator masakan sukses :
1) Abidun bilang enak
2) Azkadun makan lahap

Itu masalah per-lauk-an

Masalah kue-kue & kukis??

Haaa......alakazam hasilnya.
Walaupun Ibu, Mbah, & Tu Niang (nenek dalam bahasa Bali) saya itu jagoooooooooooo bikin kue-kuean, ternyata bakat itu belum nampak pada saya. Padahal udah bela-belain beli oven cantik & mixer keren.
Ga semua gagal sih...
Pernah sukses bikin banana cake & cheese cake walau dalam versi simple. Kukis keju juga pernah 2x berhasil.
Selebihnya....hehehehe...
Pernah bikin kukis yang kerasnya minta ampun. Jangankan lumer di lidah. Bahkan sampe dibawa nyemplung ke bak mandi sama Azkadun pun, sampe Azkadun selesai mandi & main air, tu kukis masih utuh berbentuk kelinci.
Astaghfirullah, Kukis Kelinci Mutan macam apa yang telah saya buat???!!
Mau tau resepnya? Jangan. Mubadzir. Lagian saya juga ga tau khilaf masukin apaan ke adonan kukis.
*sigh

Namun kawan...tekad ini tak akan luntur. Tekad telah bulat sebulat pipi Azkadun. Saya harus bisa!!
*pasang iket kepala
**daripada ovennya ntar dijual lagi

Mari bangkitkan semangat kuliner kitaaaa!!!
#apacoba

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 #TheDunStory. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates